Arus Balik, 351 Ribu Kendaraan Diprediksi Kembali ke Jakarta

Akmal Fauzi    •    02 Juli 2017 19:15 WIB
mudik lebaran 2017
Arus Balik, 351 Ribu Kendaraan Diprediksi Kembali ke Jakarta
Kendaraan pemudik melintas pada jalur "contra flow" jalan Tol Cikampek KM 51, di Jawa Barat, Minggu 2 juli 2017 -- Foto: Antara/ Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Sedikitnya 351 ribu kendaraan diprediksi kembali ke Ibu Kota pada Senin 3 Juli 2017.  AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso mengatakan, jumlah tersebut meningkat 34 persen dibanding total lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal yang sebanyak 376 ribu kendaraan.

"Dengan demikian, mulai dari H+2 hingga H+4, diperkirakan sekitar 59 persen kendaraan arus mudik telah kembali ke Jakarta dari total 857 ribu kendaraan sejak H-7 (18 Juni) hingga H+2 (26 Juni). Dari jumlah tersebut, masih ada 41 persen (351 ribu) kendaraan dari total arus mudik yang diprediksi akan kembali ke Jakarta di antara Sabtu hingga Senin?," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu 2 Juli 2017.

Menurut Dwimawan, Jasa Marga telah menyiapkan strategi untuk menyambut peningkatan volume arus balik. Khususnya untuk arus kendaraan yang akan melewati jalan Tol Jakarta-Cikampek, yaitu melalui peningkatan kapasitas GT Cikarut dengan mengoperasikan 31 gardu tol arah Jakarta.

Selain itu, Jasa Marga juga berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengurai kepadatan melalui penerapan contraflow pada titik-titik rawan kepadatan serta penutupan tempat istirahat atau pelayanan (TIP) yang rawan menyebabkan antrean kendaraan.

“Kami imbau pengguna jalan tol untuk dapat memastikan kecukupan perbekalan dan BBM, untuk mengantisipasi, mengingat sewaktu-waktu jika terjadi kepadatan akibat rest area tertentu di ruas tol yang kami kelola, maka kami akan menutup rest area tersebut, hingga kepadatan mencair,” kata dia.

Untuk mengurangi antrean transaksi di gerbang, Jasa Marga juga memberikan diskon senilai 20 persen bagi pengguna uang elektronik saat arus balik, mulai dari H+4 atau pada 30 Juni 2017 sampai dengan H+6 atau 2 Juli 2017. Diskon tersebut berlaku di ruas jalan tol yang dikelola Jasa Marga. Pembayaran tol dengan uang elektronik praktis, cepat, dan mudah.

Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Korlantas Polri, Kombes Pol Benyamin menambahkan, puncak arus balik tahun ini terjadi pada Jumat 30 Juni 2017 dan Sabtu 1 Juli 2017.

"Hari ini (Minggu) sudah tidak terlalu padat lagi seperti dua hari sebelumnya. Di tol Cipali misalnya sudah tidak diberlakukan lagi Contra Flow. Tapi di Cikampek diberlakukan (Contra Flow)," ungkapnya.


(Des)