Stasiun Gambir dan Senen Masih Berangkatkan Pemudik

Nur Azizah    •    20 Juni 2018 14:38 WIB
Mudik Lebaran 2018
Stasiun Gambir dan Senen Masih Berangkatkan Pemudik
Suasana mudik di Stasiun Gambir - Medcom.id/Muhammad Al Hasan.

Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah perjalanan kereta dari Jakarta menuju sejumlah wilayah di Jawa, meski, sudah memasuki puncak arus balik. Masih banyak warga yang baru mudik meski masa libur lebaran sudah berakhir. 

Senior Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo mengatakan, ada sekitar delapan kereta api tambahan yang diberangkatkan dari stasiun Pasar Senen. Delapan kereta itu melayani rute Surabaya, Malang, Yogyakarta, dan Semarang. 

"Hari ini kami memberangkatakan 26 kereta api reguler dan delapan kereta tambahan. Total ada 34 perjalanan dari pagi hingga malam. Jadi masih seperti arus mudik," kata Edy di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Juni 2018. 

Sementara dari stasiun Gambir ada 46 kereta yang diberangkatkan. Sebanyak 32 kereta reguler dan 14 kereta tambahan dengan jurusan Cirebon, Solo, Surabaya, dan Malang. 

"Keseluruhan dari Gambir dan Pasar Senen memberangkatkan 80 kereta api tujuan Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur," ungkap dia. 

Sejak Rabu dini hari hingga pukul 08.30 WIB, sebanyak 22.400 warga mudik dari stasiun Pasar Senen. Pemudik mendominasi tujuan Surabaya sebanyak 4.362 pemudik dan Yogyakarta 3.577 pemudik.

"Untuk arus mudik masih ramai. Dibandingkan hari bisa, Stasiun Pasar Senen mengalami kenaikan dari 13 ribu menjadi 18 ribu penumpang per hari ini. Lalu Gambir dari yang biasa 8 ribu menjadi 15 ribu penumpang," papar dia. 




(REN)