Jumlah Penumpang di Stasiun Gambir Berangsur Normal

Antara    •    03 Juli 2017 13:06 WIB
mudik lebaran 2017
Jumlah Penumpang di Stasiun Gambir Berangsur Normal
Ilustrasi--Antara/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, berangsur normal. Jumlah penumpang pada arus balik lebaran (H+7) tak jauh berbeda dibandingkan hari-hari biasa.

"Jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir sebanyak 6.870 orang. Data ini hampir sama dengan jumlah penumpang pada hari biasanya," kata Wakil Kepala Stasiun Gambir Arief Nugroho ketika ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin 3 Juli 2017.

Jumlah penumpang arus balik yang tiba di Stasiun Gambir dalam keadaan normal, yakni sebanyak 14.575 orang. Angka ini lebih kecil dibandingkan dengan arus mudik yang mencapai 16 ribu orang.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko Lebaran di Stasiun Gambir jumlah penumpang yang tiba akan berangsur menurun. Diperkirakan pada H+10 lebaran mencapai 9.748 orang. Data itu berdasarkan hasil penjualan tiket sementara.

Jumlah penumpang pada arus mudik Lebaran 2017 ini mengalami peningkatan sekitar 20 persen dibandingkan arus mudik pada Lebaran tahun lalu.

"Ini disebabkan karena selain PT KAI menyiapkan sekitar 43 kereta pada arus mudik kali ini, banyak penumpang yang beralih dari bus ke kereta," tuturnya.

Menurut dia, puncak arus balik sudah terjadi pada H+5 lebaran atau Sabtu 1 Juli yang mencapai 15.301 orang. Pada H+6 Lebaran jumlahnya terus menurun hingga mencapai 15.064 orang dan terus berangsur normal hingga mencapai 9.748 orang pada H+10 lebaran. "Puncak arus balik sudah lewat. Saat ini kondisinya berangsur normal," tutur Arief.


(YDH)