Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Simulasi Arus Mudik

Mustholih    •    03 Juni 2018 15:10 WIB
infrastruktur
Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Simulasi Arus Mudik
PT Angkasa Pura I menggelar simulasi operasional terminal baru Bandar Udara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah. Ist

Semarang: PT Angkasa Pura I menggelar simulasi operasional terminal baru Bandar Udara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah. Seratus karyawan PT Angkasa Pura I dikerahkan dalam simulasi itu sebagai penumpang pesawat yang sedang dalam perjalanan mudik Lebaran Idulfitri 2018.

"Mereka bertugas sebagai tim penimbul situasi, berperan sebagai penumpang. Karyawan yang dikerahkan dalam simulasi ini, antara lain, petugas parkir, aviation security, customer service, dan ground handling bandara," kata Humas PT Angkasa Pura I, Hidya Putri Ramadhani, Semarang, Jawa Tengah, Minggu, 3 Juni 2018.

Simulasi digelar sebagai persiapan pengoperasian penerbangan perdana di terminal baru Bandara Ahmad Yani pada 6 Juni 2018. Petugas di luar Bandara Ahmad Yani yang terlibat simulasi ini berasal dari Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina.

"Masing-masing petugas (bukan karyawan bandara) menjalankan tugas melayani penumpang mulai dari tollgate masuk bandara sampai dengan gerbang pintu keluar," ungkap Hidya menegaskan.

Simulasi ini digelar sejak pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Simulasi berjalan lancar selama kegiatan berlangsung.

Hidya berujar kegiatan simulasi ini bertujuan agar para petugas bandara bisa membiasakan diri bekerja di terminal baru. Di sana, mereka mencoba semua peralatan penunjang bandara.

"Ini dilakukan agar para petugas bandara lebih terbiasa dengan situasi  yang terjadi di terminal baru dan sekaligus mencoba semua peralatan serta prosedur sebagaimana ketika bandara sudah beroperasi penuh," terang Hidya.


(SUR)