Penggunaan Fungsional Tol Becakayu Diundur

Husen Miftahudin    •    18 Juni 2017 15:28 WIB
mudik lebaran 2017
Penggunaan Fungsional Tol Becakayu Diundur
Tol Becakayu/MTVN/Husen Miftahudin

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengoperasian Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) diundur. PT Waskita Karya awalnya berencana membuka tol Minggu 18 Juni 2017 dini hari.

Humas Waskita Karya Proyek Tol Becakayu Sudirman mengakui penggunaan tol Becakayu belum mendapat restu dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). BPJT baru meninjau Tol Becakayu pagi tadi.

"Kita menunggu surat dari BPJT soal administrasinya. Paling lambat (penggunaan tol Becakayu) Rabu 21 Juni, minggu ini," kata Sudirman kepada Metrotvnews.com, Minggu 18 Juni 2017.



Tol Becakayu akan digunakan secara fungsional dari Rumah Sakit Harum Sisma Medika, Cipinang Melayu, Jakarta Timur, hingga Pasar Sumber Arta, Kalimalang, Kota Bekasi. Jalur tol itu bakal dibuka sesuai kebutuhan. Salah satu contoh, jalur tol bakal dibuka bila Jalan Raya Kalimalang padat. Pembukaan Tol Becakayu bertujuan mengurai kemacetan saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2017.

Berdasarkan pantauan Metrotvnews.com, jalur sepanjang 4,5 kilometer yang akan digunakan itu sudah dilengkapi marka dan rambu jalan. Penerangan dan kebersihan jalan yang menjadi prasyarat utama beroperasinya jalan tol pun sudah siap.

"Makanya tadi diinspeksi oleh BPJT, kemudian nanti mekanismenya dan aturan mainnya dikeluarkan oleh mereka. Sudah dilihat dan kita memenuhi syarat. Kebersihan itu juga sudah bersih, kan hari ini selesai," tegas Sudirman.



Sementara itu, gerbang tol masih terlihat baru terpasang tiang-tiang penyangga. Hanya ada mesin tap kartu sebagai alat bayar, itu pun masih dalam pengerjaan.

"Toll gate sudah ada, tapi kan mekanismenya itu harus ada gardu dan segala macamnya. Itu yang masih belum ada," beber Sudirman.


(OJE)