Kemenkes Operasikan Ambulans Roda Dua

Faisal Abdalla    •    14 Juni 2017 14:22 WIB
mudik lebaran 2017
Kemenkes Operasikan Ambulans Roda Dua
Kepala Direktorat Pelayanan Kesehatan, Kementrian Kesehatan, Bambang Wibowo. Foto: MTVN/Faizal Abdalla.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menambah armada ambulans untuk memberikan pelayanan kesehatan selama musim mudik Lebaran 2017. Tak cuma kendaraan roda empat, Kemenkes menggunakan kendaraan roda dua yang dimodifikasi menjadi ambulans. 

"Supaya pelayanan kesehatan lebih maksimal, kita turunkan juga ambulans roda dua yang akan dilengkapi sejumlah peralatan kesehatan," kata Kepala Direktorat Pelayanan Kesehatan, Kementrian Kesehatan, Bambang Wibowo, di Gedung Kemenkes, Jalan H.R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 14 Juni 2017. 

Motor ambulans akan dilengkapi dengan lampu rotary dan sirine. Petugas akan membawa boks emergency yang berisi peralatan kesehatan seperti pengukur tensi, stetoskop, termometer, tabung oksigen, serta obat-obatan sederhana. 

Meski demikian, Bambang menegaskan motor ambulans ini hanya berfungsi sebagai first responder. "Motor ini hanya berfungsi untuk menjangkau pemudik yang membutuhkan pertolongan pertama dengan cepat, bukan untuk evakuasi," ucap Bambang.

Baca: Kemenkes Sebar Fasilitas Pelayanan Kesehatan Mudik 2017

Pengoperasian motor ambulans akan fokus di daerah-daerah yang paling ramai dilalui pemudik. Di antaranya, Brebes sebanyak 54 unit, Pemalang 8 unit, Tegal 17 unit, serta Batang 22 unit. 

Pemudik yang membutuhkan bantuan motor ambulans bisa menghubungi layanan 119. Nomor ini terhubung langsung dengan National Command Centre milik Kementerian Kesehatan.


(OGI)