Gerbang Tol Salatiga Resmi Dibuka

Faisal Abdalla    •    18 Juni 2017 21:49 WIB
jalan tol
Gerbang Tol Salatiga Resmi Dibuka
Dengan latar belakang Gunung Merbabu, Gerbang Tol Salatiga terlihat sangat indah Foto: ANTARA/ Aloysius Jarot Nugroho

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerbang tol Salatiga pada Minggu 18 Juni 2017 pukul 00.30 resmi dibuka. Jalan Tol Semarang-Solo seksi Bawen-Salatigaini  sudah beroperasi secara fungsional untuk melayani para pemudik.

"Pekerjaan Jalan Tol Bawen-Salatiga telah selesai tanggal 15 Juni dan diberlakukan fungsional sementara untuk mendukung kelancaran arus mudik maupun balik Lebaran tahun ini," ujar Direktur Trans Marga Jateng Ali Zainal Abidin dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com di Jakarta, Minggu 18 Juni 2017.

Zainal mengatakan, pemudik yang masuk dari Bawen dan keluar di Gerbang Tol Salatiga untuk sementara tidak dikenakan biaya hingga ada keputusan dari Kementerian PUPR. Sementara bagi pemudik yang masuk dari Semarang akan dikenakan tarif Ungaran-Bawen sebesar Rp7.500.

Selain itu, Jalan Tol Bawen-Salatiga yang memiliki panjang hingga 17,6 KM tersebut akan beroperasi pada malam hari dikarenakan infrastruktur jalan sudah siap 100 persen. Pihak TMJ menyediakan satu rest area dia KM 22+200 arah Solo, serta dua tempat istirahat sementara masing-masing di KM 49+300 arah Solo, dan KM 37+600 arah Semarang.

"Di tempat istirahat sementara akan tersedia musola, toilet, SPBU serta beberapa tenan makanan dan minuman," lanjut Zainal.

Untuk arus mudik lebaran kali ini, Jalan Tol Bawen-Salatiga baru bisa dilalui oleh kendaraan golongan satu non-bus dikarenakan exit tol dinilai masih terlalu sempit untuk bus dan kendaraan diatas golongan satu. TMJ juga akan memberlakukan sistem buka-tutup jika antrean kendaraan di Simpang Susun Salatiga sudah mengular sepanjang 1 KM.

"Kalau antrian di Simpang Susun Salatifga sudah sepanjang 1 KM, kami akan keluarkan di Simpang Susun Bawen dan diberlakukan buka tutup bagi yang hendak memasuki Bawen," pungkas Zainal.


(Des)