Tol Medan-Binjai Beroperasi Mulai H-10 Lebaran

   •    14 Juni 2017 12:15 WIB
peta mudik 2017
Tol Medan-Binjai Beroperasi Mulai H-10 Lebaran
Ruas Tol Medan-Binjai seksi 3. Antara Foto/Irsan Mulyadi

Metrotvnews.com, Medan: Jalan Tol Medan-Binjai di Sumatera Utara akan dioperasikan pada H-10 Lebaran 2017. Tol ini bisa digunakan pemudik, sehingga diharapkan mengurangi kemacetan arus lalu lintas di jalan utama.

"Dari tiga seksi ruas jalan tol, hanya satu seksi ruas jalan sepanjang enam kilometer saja yang bisa digunakan para pemudik," kata Manager Pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai Hestu Budi di Binjai, Rabu 14 Juni 2017.

Hestu Budi menjelaskan Jalan Tol Medan-Binjai sepanjang 17 kilometer yang menghubungkan Kota Medan dan Kota Binjai di Provinsi Sumatera Utara dipastikan akan digunakan pemudik pada Lebaran 2017.

PT Hutama Karya selaku pelaksana proyek menyatakan siap mengoperasikan jalan tol itu. Namun dari tiga sesi
ruas jalan tol hanya seksi tiga saja yang bisa digunakan pemudik karena pengerjaannya sudah rampung 99%.

Seluruh ruas jalan di seksi tiga mulai dari pintu gerbang tol hingga pintu keluar telah selesai dikerjakan oleh Hutama Karya, hanya tinggal finishing berupa pengecatan dan pemasangan rambu jalan tol.

Sedangkan ruas Jalan Tol Medan-Binjai untuk seksi satu dan dua masih terus dikerjakan. Hestu Budi menjelaskan seksi satu ruas Jalan Tol Medan-Binjai dimulai dari Pintu Megawati Binjai dan akan keluar di Pintu Tol Sei Semayang dengan jarak hampir enam kilometer.

Dengan dioperasikannya Jalan Tol Medan- Binjai itu para pemudik setidaknya dapat menghindari kemacatan di ruas jalan utama di Kabupaten Deli Serdang. Selama ini, jalan utama di Deli Serdang sering macet saat Lebaran. (Antara)


(TRK)