Mengadu Nasib di Ibu Kota

Riyan Ferdianto    •    30 Juni 2017 18:03 WIB
mudik lebaran 2017
Mengadu Nasib di Ibu Kota
Pemudik di Terminal Kampung Rambutan. Foto: MTVN/Riyan Ferdianto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Jakarta menjadi salah satu pilihan sebagian mayarakat Indonesia untuk mengadu nasib dan mendapat pekerjaan. Itu sebabnya banyak pemudik membawa teman, hingga keluarga ke Ibu Kota. 

Dewi, 32, warga Bandung, Jawa Barat, yang bekerja di daerah Jakarta Selatan, contohnya. Dia sengaja membawa dua orang adiknya ke Jakarta. Dewi akan memberikan modal keduanya untuk membuka warung makan di sekitar Jakarta Selatan. 

"Ia saya ajak dua orang adik saya dua-duanya cewek. Katanya mau buka usaha warung makan dengan saya," kata Dewi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat, 30 Juni 2017

Namun, Dewi belum punya rencana detail untuk kedua adiknya yang masing-masing lulusan SMK. Dia pun tak masalah bila ada pekerjaan yang lebih dari berjualan untuk kedua. 

"Kalau mereka mau ngelamar pekerjaan dan mengadu nasib di sini yaa tidak apa-apa," kata dia.

Lain ceritanya dengan Martini, 30, warga Cirebon, Jawa Barat. Dia datang ke Jakarta karena mendapat tawaran dari teman untuk menjadi pembantu rumah tangga. 

"Sebelum Lebaran teman saya yang di sini bilang ada lowongan jadi pembantu di daerah Tebet Jakarta Selatan," ujar dia.

Martini mengaku pernah tinggal di Jakarta dan bekerja sebagai pegawai pabrik pada 2010 sampai akhirnya kembali ke kampung halaman. Gaji yang lebih tinggi dibandingkan di kampung, membuat dirinya kembali ke Jakarta.

"Di kampung susah cari pekerjaan, ya sudah balik ke Jakarta mengadu nasib," tutur dia.



(OGI)