Truk Angkut Barang bakal 'Dibuang' ke Pantura jika Tol Padat

Juven Martua Sitompul    •    30 Juni 2017 18:42 WIB
mudik lebaran 2017
Truk Angkut Barang bakal 'Dibuang' ke Pantura jika Tol Padat
Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat melakukan pemantauan arus balik di KM62 Tol Jakarta-Cikampek yang ditemani Menhub Budi Karya dan Menkes Nila Moeloek - MTVN/Juven Martua Sitompul

Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi bakal menggunakan diskresi atas kebijakan larangan truk beroperasi yang berakhir hari ini. Jika terjadi kemacetan, truk akan dikeluarkan dari tol ke jalur Pantura.

Diskresi ini telah dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait. Di antaranya, pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). 

"Kalau terjadi kepadatan, maka kami akan prioritaskan roda empat kecil. Sehingga kita akan gunakan kewenangan diskresi truk ini akan kita keluarkan ke jalur Pantura," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian usai meninjau arus balik di Gerbang Tol Cikarang Utama, Jumat 30 Juni 2017.

Diharapkan, kebijakan itu dapat dipahami semua pihak khususnya pengemudi truk. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan pada arus balik Lebaran 2017.

Di sisi lain, Tito mengaku telah memantau arus balik mudik di Cileunyi. Dari pemantauannya, titik masalah dari arus balik mudik terletak di Brebes Exit (Brexit). 

"Titik penting karena di situ arus mudik tahun lalu, problem itu di brexit," ujar dia.

Namun, mantan Kapolda Metro Jaya ini memastikan kepadatan kendaraan di Brexit bisa urai dengan baik. Semua berkat kerja sama dan koordinasi antar stakeholder yang berjalan dengan baik.

"Alhamdulillah dengan pengaturan-pengaturan kerja sama semua pihak dari PUPR, Polri, TNI, Kemenhub, Pertamina kemudian jajaran Kementerian Kesehatan semuanya lancar alhamdulillah," pungkas Tito.



(REN)