Alasan Waskita Karya Undur Fungsional Jalan Tol Becakayu

Husen Miftahudin    •    18 Juni 2017 21:31 WIB
tol becakayu
Alasan Waskita Karya Undur Fungsional Jalan Tol Becakayu
Tol Becakayu yang menghubungkan Jakarta dengan Bekasi. Antara Foto/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Fungsional jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) untuk mengurai kemacetan arus mudik dan balik Lebaran diundur. Semula bisa digunakan mulai Minggu 18 Juni 2017 diundur menjadi paling lambat Rabu 21 Juni 2017

Humas Waskita Karya Proyek Tol Becakayu, Sudirman, mengakui penggunaan tol tersebut atas permintaan Polres Metro Bekasi yang khawatir akan lalu lintas Jalan Raya Kalimalang yang padat saat arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Kepolisian berkaca pada arus mudik dan balik Lebaran tahun lalu.

"Tahun kemarin itu memang karena digunakan lajur yang masih sempit. Sekarang kan lajur di bawah (tol Becakayu) sudah lebih bagus dibanding tahun kemarin, sudah lebar dan diaspal," ujar Sudirman kepada Metrotvnews.com, Jakarta, Minggu 18 Juni 2017.

Kepolisian beralasan bahwa permintaan penggunaan jalur tol Becakayu untuk mengendalikan kendaraan bermotor roda dua. Sayangnya, Waskita lupa bahwa mekanisme pengunaan jalan tol harus mendapat persetujuan administrasi dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

"Akhirnya diputuskan tadi itu (diberlakukan) buka tutup. Kalau memang kondisinya harus buka, kita buka, karena khawatir ada kendaraan motor roda dua masuk tol. Untuk rambu kita sudah ada," ungkapnya.

Seperti diketahui, jalan tol Becakayu hanya akan digunakan jalur sepanjang 4,5 kilometer (km), dari Rumah Sakit Harum Sisma Medika sampai Pasar Sumber Arta. Tol digunakan untuk kendaraan beroda empat atau lebih secara gratis.

Alurnya, untuk yang dari arah Jakarta terdapat dua exit toll, kendaraan bisa diarahkan keluar dekat Transmart Carrefour Pondok Gede dan keluar di Pasar Sumber Arta, Kota Bekasi. Menghindari penumpukan kendaraan dari exit toll di dekat Pasar Sumber Arta, pihak pengelola tol bersama kepolisian dan Dishub Kota Bekasi akan melakukan rekayasa lalu lintas.

Jelang menuju Pasar Sumber Arta terjadi penyempitan jalan. Akan diberlakukan sistem satu arah untuk kendaraan dari arah Jakarta. Sementara, kendaraan dari arah Bekasi akan dialihkan belok kiri menuju Jembatan Caman menyusuri jalan disisi Kalimalang.

Untuk kendaraan roda empat langsung memasuki tol Becakayu ke arah Jakarta dari Curug dan keluar di exit tol dekat Rumah Sakit Harum Sisma Medika sebelah selatan. Untuk tol Becakayu dari arah Bekasi menuju Jakarta baru bisa dioperasikan sepanjang 3,5 km.

 


(Des)