Puncak Arus Balik Dimulai Hari Ini

Dheri Agriesta    •    20 Juni 2018 12:13 WIB
Mudik Lebaran 2018
Puncak Arus Balik Dimulai Hari Ini
Ilustrasi Tol Cikampek - ANT/Hafidz Mubarak A.

Jakarta: Kementerian Perhubungan memprediksi arus balik Lebaran 2018 bakal mencapai puncak pada beberapa hari ke depan. Puncak arus balik akan dimulai dari H+4 hingga H+6 lebaran.

"Mungkin dari hari ini sampai dua hari ke depan kepadatan akan dimulai," kata Ketua Posko Harian Angkut Mudik Lebaran 2018, Agus P Saptono di Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Juni 2018.

Prediksi ini berkaitan dengan liburan cuti bersama yang sudah mulai habis. Rata-rata pegawai negeri sipil mulai bekerja pada esok hari. Agus menyebut, penumpukan kendaraan mulai terjadi pada malam ini.

"Tapi mungkin beberapa istilahnya masih cuti dari swasta, bisa sampai Sabtu dan Minggu, sementara cuti bersama sampai hari ini jadi besok mereka kembali, perkiraan kita dua tiga hari ke depan akan banyak," jelas Agus.

Berdasarkan data yang dihimpun, lalu lintas jalan tol di delapan titik pantauan seperti Merak, Sadang, Balonggandu, Rancaekek, Tegal, dan Kendal, hingga H+3 dilaporkan lancar. Sementara pantauan di 146 titik jalan Tol Jakarta-Cikampek terlihat padat.

Sementara itu, Ketua Posko Harian Dirjen Perhubungan Darat, Dadan Muhammad Ramdan memprediksi, jalur tradisional bakal menjadi titik rawan kepadatan lalu lintas. Jalur tradisional itu seperti Nagreg, Puncak, dan Cikampek.

Ia meminta masyarakat mengatur waktu keberangkatan agar tak terjadi penumpukan kendaraan di jalur tersebut. "Diatur waktu perjalanan saja karena sudah ada prediksi supaya tidak terjadi penumpukan," kata dia.
 


(REN)