Urai Kemacetan, Fungsional Tol Becakayu Gratis

Husen Miftahudin    •    18 Juni 2017 19:57 WIB
mudik lebaran 2017
Urai Kemacetan, Fungsional Tol Becakayu Gratis
Tol Becakayu -- Foto: Antara/ Rosa Panggabean.

Metrotvnews.com, Jakarta: Proyek tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) belum sepenuhnya rampung. Namun sebagian jalur tol bisa digunakan secara fungsional untuk mengurai kemacetan saat arus mudik dan balik Lebaran 2017.

Humas Waskita Karya Proyek Tol Becakayu, Sudirman, mengatakan tol Becakayu semula bisa digunakan pada Minggu dini hari 18 Juni 2017. Namun proses administrasi dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) belum rampung sehingga penggunaan jalur tol Bacakayu sepanjang 4,5 kilometer (km) itu diundur hingga Rabu 21 Juni 2017.

"Penggunaan jalurnya tolnya dari Rumah Sakit Harum Sisma Medika sampai Pasar Sumber Arta, itu total panjangnya 4,5 km. Kendalanya belum ada izin dari BPJT. Paling lambat (penggunaan jalur tol Becakayu) Rabu minggu ini, karena operasional itu hanya menanggulangi untuk pulang mudik saja," jelas Sudirman kepada Metrotvnews.com di Jakarta, Minggu 18 Juni 2017.

Saat difungsionalkan, jalur Tol Becakayu itu nantinya gratis. Selain belum berfungsinya toll gate, penggunaan jalur tol tersebut juga hanya untuk mengurai kepadatan lalu lintas di sepanjang jalan Kali Malang.

"Enggak bayar karena hanya untuk penanggulangan arus mudik. Toll gate sudah ada, tapi kan mekanismenya itu harus ada gardu dan segala macemnya," jelas dia.

Penggunaan jalur tol Becakayu sepanjang 4,5 km itu juga dilakukan secara situasional dan kondisional. "Apabila macet baru dibuka, tidak setiap saat karena hanya fungsional, belum operasional," tegas Sudirman.

Penggunaan tolnya sendiri pun hanya untuk kendaraan roda empat atau lebih. Motor dipersilahkan melalui Jalan Raya Kalimalang. "Khusus roda empat (atau lebih). Di sana juga sudah terpasang imbauan 'Jalan Tol Hanya Untuk Kendaraan Bermotor Roda Empat Atau Lebih'. Lagipula di bawah itu jalannya sudah mulus, diaspal, lebar," pungkas Sudirman.

Dari arah Jakarta terdapat dua exit toll. Kendaraan bisa diarahkan keluar dekat Transmart Carrefour Pondok Gede dan keluar di Pasar Sumber Arta, Kota Bekasi. Menghindari penumpukan kendaraan dari exit toll di dekat Pasar Sumber Arta, pihak pengelola tol bersama kepolisian dan Dishub Kota Bekasi akan melakukan rekayasa lalu lintas.

Jelang menuju Pasar Sumber Arta terjadi penyempitan jalan. Akan diberlakukan sistem satu arah untuk kendaraan dari arah Jakarta. Sementara, kendaraan dari arah Bekasi akan dialihkan belok kiri menuju Jembatan Caman menyusuri jalan disisi Kalimalang.

Untuk kendaraan roda empat langsung memasuki tol Becakayu ke arah Jakarta dari Curug dan keluar di exit tol dekat Rumah Sakit Harum Sisma Medika sebelah selatan. Untuk tol Becakayu dari arah Bekasi menuju Jakarta baru bisa dioperasikan sepanjang 3,5 km.

 


(Des)