Tol Gempol-Bangil Difungsikan untuk Arus Mudik

Abdus Syukur    •    19 Juni 2017 07:00 WIB
jalan tol
Tol Gempol-Bangil Difungsikan untuk Arus Mudik
Sebuah mobil melintas memasuki gerbang Tol Bangil-Rembang, Pasuruan, Jawa Timur -- Foto: ANTARA/ Umarul Faruq

Metrotvnews.com, Jakarta: TOL Gempol-Bangil yang menjadi bagian dari tol Gempol-Pasuruan, dipastikan berfungsi selama arus mudik lebaran. Tol tersebut secara resmi dibuka mulai Senin 19 Juni 2017.

"Kami menghimbau kepada warga untuk mendukung berfungsinya jalan tol ini. Seperti tidak berseliweran atau menyeberang di jalan tol ini, karena pagar-pagarnya semua sudah terpasang," kata Bupati Pasuruan, M Irsyad Yusuf, saat sidak ke tol Gempol-Bangil, Minggu 18 Juni 2017.

Kedatangan Bupati Pasuruan ke tol gempol-Bangil itu untuk memastikan kesiapan infrastruktur jalan agar bisa digunakan sebagai jalur mudik lebaran.

"Dengan dioperasikannya tol Gempol-Bangil ini, akan diketahui seberapa besar efektifitasnya dalam mengurai kemacetan. Terutama di jalur pantura yang padat, seperti di Beji dan Bangil itu," imbuh Irsyad.

Tol Gempol-Bangil merupakan seksi 1A, sedangkan 1B Bangil-Rembang sudah dioperasikan sejak 2 bulan lalu.  Direktur Transmarga Jatim Agus Purnomo mengatakan, dengan difungsikannya tol Gempol-Bangil untuk arus mudik lebaran ini, keseluruhan tol Gempol-Rembang sepanjang 13,9 kilometer (km) sudah berfungsi seluruhnya.

"Secara teknis tol Gempol-Bangil siap dioperasikan, karena pekerjaan sudah selesai 100% dan tinggal melakukan pembersihan. Pagar pembatas, baik yang beton maupun kawat berduri semuda sudah terpasang, termasuk rambu-rambu," ujat

Bahkan Agus juga menjamin kenyamanan pengguna jalur tol untuk mudik lebaran karena pihaknya juga menyiapkan petugas yang beroperasi, baik mobil rescue, ambulance hingga patroli jalan raya (PJR).

"Kami jamin kenyamanan para pemudik. Semua petugas sudah siaga. Kalau ada pengendara motor atau kendaraan roda termasuk penggembala ternak nyelonong ke tol, akan segera ditangani petugas secepatnya," tegas Agus.

Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 34,15 km, terdiri dari tiga seksi, yakni seksi 1 Gempol-Rembang sepanjang 13,9 km, seksi 2 Rembang-Pasuruan sepanjang 8,1 km dan seksi 3 Pasuruan-Grati, sepanjang 12,15 km.


(Des)