Mudik Gratis untuk Tekan Jumlah Pemudik Bermotor

Damar Iradat    •    15 Juni 2017 12:29 WIB
mudik lebaran 2017
Mudik Gratis untuk Tekan Jumlah Pemudik Bermotor
Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Prasetyo Boeditjahjono (kanan). Foto: MTVN/Damar Iradat.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan berharap bisa menekan angka pemudik dengan kendaraan roda dua. Berbagai program disiapkan, salah satunya dengan mudik gratis dengan keteya api.

"Jadi, niatnya pemerintah bisa memberikan tambahan untuk angkutan motor gratis," kata Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Prasetyo Boeditjahjono di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis 15 Juni 2017. 

Menurut dia, jumlah peserta mudik gratis kali ini bertambah 60 persen dari 2016. Tahun ini, ada sekitar 18 ribu peserta mudik gratis, sedangkan sebelumnya hanya 11 ribu.

Program mudik gratis bagi para pemudik ini akan dilaksanakan mulai H-5 hingga H+5 Lebaran. Yang pasti, kata dia, program ini disediakan untuk mengangkut motor para pemudik. 

Baca: PT KAI Sediakan 6 Juta Kursi untuk Mudik Lebaran 2017

"Penumpangnya kita dapatkan prioritas tempat duduk. Jadi, yang kirim motor dipastikan dapat tempat duduk untuk mudik dan balik," tutur dia. 

Prasetyo mengaku program ini mulai diminati. Dari target 18 ribu pemudik, saat ini sudah terisi 90 persen lebih. "Mudah-mudahan kita bisa angkut semuanya," pungkas dia. 




(OGI)