Satu juta Penumpang Tercatat Naik-Turun di Stasiun Pasar Senen Selama Lebaran

Antara    •    02 Juli 2017 14:59 WIB
kereta api
Satu juta Penumpang Tercatat Naik-Turun di Stasiun Pasar Senen Selama Lebaran
Pemudik yang menggunakan KA Tawang Jaya Lebaran dari Semarang Poncol tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (30/6). MI/Arya Manggala.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat lebih dari satu juta orang naik dan turun di Stasiun Pasar Senen sepanjang libur Lebaran mulai dari 15 Juni hingga 11 Juli 2017.  PT KAI mencatat, lebih dari 550.000 tiket keberangkatan terjual dari Stasiun Pasar Senen selama periode itu.

Sementara itu, sekitar 460.000 penumpang akan turun di Stasiun Pasar Senen pada periode yang sama. PT KAI pun menyediakan 12 kereta tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

Berdasarkan data yang sama, arus balik mulai terlihat di Stasiun Senen pada hari ketiga Idul Fitri dan berakhir pekan pertama bulan Juli, dengan statistik kedatangan stabil pada sekitar 21.000 sampai 25.000 orang.

"Ini adalah hari terakhir libur lebaran saya, karena besok sudah harus berangkat kerja," kata Rani, seorang karyawati sebuah perusahaan swasta di Jakarta saat turun di Stasiun Senen dari Yogyakarta seperti dilansir Antara, Minggu 2 Juli 2017.

Sementara itu, data lain yang menarik adalah terus stabilnya arus balik sampai pada Sabtu, atau satu pekan setelah hari raya. Jumlah penumpang yang naik dari Stasiun Senen setelah lebaran masih stabil di kisaran 24.000 sampai 27.000.

Keramaian arus mudik juga masih terjadi pada hari ini. Ratusan orang nampak menunggu kereta di depan Stasiun Senen.

"Saya baru bisa pulang pada hari ini karena tidak mendapatkan tiket sebelum lebaran," kata Wirjono, bapak empat anak, yang akan pulang ke kampung ke Surabaya untuk menemui keluarganya.

Secara keseluruhan, arus mudik di Stasiun Senen pada tahun ini melalui kereta juga tercatat jauh lebih besar dibanding arus balik dengan selisih sekitar 100.000 penumpang.


(DRI)