Truk Hambat Arus Balik di Jalur Utama Brebes

Kuntoro Tayubi    •    16 Juli 2016 16:39 WIB
arus balik
Truk Hambat Arus Balik di Jalur Utama Brebes
Truk melintas di jalur utama Brebes, Jawa Tengah. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Truk yang sudah bisa beroperasi sejak H+5 Lebaran menghambat arus balik di jalur utama Brebes, Jawa Tengah. 

Petugas Dishubkominfo Brebes, Edi Suswanto, mengatakan truk angkutan berat lebih dari dua sumbu, muatan nonsembako, ternak, dan BBM yang melintas membuat antrean kendaraan kerap terjadi. Sebab, hal itu seiring volume kendaraan arus balik yang juga meningkat.
 
“Antrean kendaraan yang paling sering terjadi di lintasan kereta api (KA) Karangsawah yang berdekatan dengan titik tebing longsor di dukuh Satir wilayah Ciregol,” katanya, Sabtu (16/7/2016).
 
Edi menjelaskan intensitas perjalanan KA masih tinggi, sehingga antrean kendaraan cepat terjadi saat palang pintu ditutup. Namun, antrean tak menimbulkan kemacetan.

Kaposlantas Bumiayu, Aiptu Sus Gundhi Atmiko, membenarkan adanya peningkatan arus kendaraan besar. Sementara diprediksi kepadatan arus baik oleh kendaraan truk dan kendaraan arus balik akan meningkat hingga besok malam.
 
Tambah Personel

Sementara itu, sebanyak 556 personel Polres Brebes kembali diterjunkan ke lapangan seiring diperpanjangnya Operasi Ramadniya Candi 2016 hingga Minggu 17 Juli. Mereka dibantu 147 personel BKO dari Polda Jateng untuk membantu pengamanan arus balik.


Personel pengaman arus mudik di Brebes, Jateng. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi
 
Kapolres Brebes, AKBP Luthfie Sulistiawan, mengatakan para personel akan ditempatkan kembali di beberapa titik rawan macet dan konflik di akhir pekan ini. Titik-titik tersebut tersebar di jalur pantura wilayah kota Brebes di gerbang Tol Brebes Timur dan pasar induk, serta alun-alun Brebes, termasuk aktivitas pasar tumpah di sejumlah titik.
 
“Kemudian di jalur selatan mulai dari perbatasan Brebes-Banyumas diarahkan ke Tol Pejagan. Bila ada lonjakan maka akan diberlakukan one way (satu arah) mulai dari Prupuk menuju exit tol Pejagan,” kata Luthfie usai mengikuti kegiatan pelantikan Panitia Pengawas Kecamatan (PPK), di Gedung Korpri Brebes.
 
Luthfie mengaku telah berkoordinasi dengan Kabuaten Tegal untuk kelancaran arus. Ada beberapa titik kemacetan di jalur selatan yang perlu diwaspadai. Di antaranya perlintasan Kereta Api di Kretek, Paguyangan, dan Karangsawah, Tonjong.
 
Aktivitas masyarakat yang meningkat pada akhir pekan juga menjadi pertimbangan mengatasi lonjakan arus lalu lintas kendaraan. Namun, ia meminta masyarakat tak khawatir adanya antrian yang terjadi seperti saat mudik.
 
“Kemacetan panjang yang terjadi di Tol Brebes Timur semoga tidak terjadi lagi di arus balik ini. Namun, personel sudah disiapkan untuk mengurai kemacetan jika terjadi lagi,” kata dia.


(UWA)