Kondisi Bus di Terminal Kalideres Mengecewakan

M Sholahadhin Azhar    •    13 Juni 2017 14:06 WIB
peta mudik 2017
Kondisi Bus di Terminal Kalideres Mengecewakan
Bambang Prihartono (kedua kiri) dan pegawai Kementerian Perhubungan mengecek bus di Terminal Kalideres. Foto: MTVN/M. Sholahuhdin Azhar

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelaksana tugas Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kementerian Perhubungan Bambang Prihartono mengecek kesiapan bus di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Bambang kecewa, karena banyak bus di terminal tersebut tidak laik jalan.

"Terus terang agak kecewa, ternyata bus-bus ini memang tak sesuai dengan yang kita harapkan," kata Bambang di Terminal Kalideres, Selasa 13 Juni 2017.

Bambang berkeliling Terminal Kalideres mengecek setiap bus. Sebanyak lima bus dari PO Putra Sulung dan Kramat Jati diketahui tak laik mengangkut penumpang.



Lima bus tidak lolos kualifikasi rem. Bambang menyebut rem lima bus itu tak layak pakai dan harus diganti. Ini masalah utama, karena berkaitan dengan keselamatan penumpang.

Ada juga bus yang melebihi kapasitas penumpang dan alat pemadam kebakaran tidak berfungsi. "Di dalam izin hanya 28 tempat duduk, ternyata di tawarkan 35," sebut Bambang.

Kepala Terminal Kalideres Revi Z menolak disalahkan atas temuan Bambang. Ia berdalih, kebiasaan PO menyiagakan armada beberapa hari sebelum Lebaran.

Pengelola bus akan memperbaiki dan memperbaharui sistem keamanan pada H-7 sebelum mudik. "Tadi pas dicek mereka sudah ketakutan. Saya pastikan habis ini pasti diperbaharui semua," kata Revi.

Dia juga memastikan tidak akan ada bus yang kebelihan penumpang.

Pemerintah DKI Jakarta menyiapkan tiga terminal besar untuk memfasilitasi mudik Lebaran 2017, yakni Terminal Kalideres, Pulo Gebang, dan Kampung Rambutan. Pengecekan ketat terhadap bus angkutan Lebaran demi keselamatan penumpang.


(TRK)