PBNU Berangkatkan Gratis 2.300 Pemudik

Nur Azizah    •    18 Juni 2017 16:16 WIB
mudik lebaran 2017
PBNU Berangkatkan Gratis 2.300 Pemudik
Ribuan warga mengikuti program mudik gratis bareng NU/MTVN/Nur Azizah

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengurus Besar Nahdlatul Ulama melalui Lembaga Ta'mir Masjid NU (LTMNU) menggelar program mudik gratis dengan 2.300 peserta dari berbagai kalangan. Ketua LTMNU Mansyur Syairozi mengatakan, pemudik didominasi mahasiswa, anak muda yang baru bekerja di Jakarta, pegawai PBNU, dan pensiunan.

PBNU setidaknya memberangkatkan 40 bus yang bakal mengantar pemudik ke 30 kota tujuan di Jawa dan Madura. Mudik gratis sudah berjalan tujuh tahun dan jumlah pemudik terus bertambah setiap tahun.

"Tahun kemarin sekitar 1.800 pemudik," kata Mansyur di kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Minggu 18 Juni 2017.

Tak hanya menyiapkan program mudik gratis, PBNU juga membuka posko mudik. Posko-posko itu tersebar di 16 titik sepanjang jalur Merak-Banten hingga ujung timur pulau Jawa, Situbondo-Banyuwangi.

Kegiatan PBNU didukung sejumlah BUMN seperti Bank Mandiri dan PT Pegadaian. Ada juga sejumlah pihak swasta yang ikut membantu acara tersebut, seperti PT Sinde.

Warga yang mengikuti program mudik gratis menyambut riang. Kebahagian terlihat di raut wajah masing-masing.

Widodo, salah satu peserta mudik mengaku gembira bisa ikut program tersebut. Warga asal Pati itu tak tahan ingin segera sampai kampung halaman untuk bertemu anak dan istri.

"Seneng ikut mudik gratis. Jadi bisa irit ongkos. Jadi nanti uangnya bisa buat keluarga di sana," ungkap Widodo.


(OJE)