1.255 Kapal Laut Siap Layani Pemudik

Cahya Mulyana    •    14 Juni 2017 16:56 WIB
mudik lebaran 2017
1.255 Kapal Laut Siap Layani Pemudik
Ilustrasi--Antara/Aditya Pradana

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubugan telah menguji petik dan ramp check seluruh kapal. Hasilnya 1.255 kapal dengan kapasitas 3,4 juta penumpang siap digunakan pada arus mudik Lebaran 2017.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Tonny Budiono, Selasa 14 Juni 2017, mengatakan, uji petik dan ramp check adalah upaya meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pemudik. "Keselamatan itu tidak ada toleransinya," kata Tonny.

Tonny menaksir, jumlah pemudik meningkat tiga persen dibanding tahun kemarin. Angka itu setara dengan 50 persen kapasitas tersedia. "Kita sering imbau ke Pelni soal AC. Faktor utama angkutan mudik adalah kenyamanan."

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PELNI, Sodikin, mengaku telah mempersiapkan 26 armada trayek Nusantara dan 46 kapal perintis. Trayek Nusantara merupakan pelayaran terjauh di dunia dan hanya ada di Indonesia, di antaranya Jakarta-Papua, Jakarta-Nusa Tenggara Timur, Jakarta-Belawan.

Sedangkan kapal perintis terkoneksi dengan kapal trayek Nusantara, daerah terluar, terdepan dan tertinggal dengan daerah yang ekonominya lebih maju. Dengan begitu lalu lintas orang dan barang dapat terpenuhi secara baik.

"Dengan 26 armada Nusantara PT. Pelni akan menyinggahi 88 pelabuhan dengan kapasitas angkut 54.567 pax atau penumpang," paparnya.

Sedangkan 46 armada kapal perintis akan singgah di 305 pelabuhan dan menyiapkan 13.946 pax. Armada Nusantara memiliki 7 pangkalan atau home base  dan armada perintis ada 24 pangkalan di seluruh Nusantara.

Menurutnya, armada kapal Pelni terdiri kapal tipe 3000 pax 1 unit, kapal tipe 2000 pax  9 unit, kapal 3in1, yang dapat mengangkut orang, kontainer, mobil, alat berat, dan sepeda motor 2 unit, kapal tipe 1000 pax 9 unit,  kapal tipe 500 pax 3 unit dan 1 kapal Roro.

"Kapal 3in1 dan kapal Roro dapat  mengangkut orang, mobil, alat berat, dan sepeda motor," katanya.

Pelni juga meningkatkan kapasitas angkut dengan melakukan  rerouting dan deviasi. Pada masa lebaran Pelni mengoperasikan 7 kapal pada rute tetap, 19 kapal rerouting dan deviasi serta menyiapkan 1 armada Jetliner sebagai kapal cadangan di Makassar.

"Pelni telah melakukan docking meliputi pemeriksaan dan perbaikan armada sebelum angkutan lebaran tiba," ujarnya.

Pelni menyiapkan KM. Dobonsolo untuk mendukung mudik gratis sepeda motor yang diselenggarakan pemerintah dari Tanjung Priok, Jakarta ke Tanjung Emas, Semarang.


(YDH)