Terminal Pasar Minggu Batal Jadi Terminal Bantuan Mudik

Ilham wibowo    •    13 Juni 2017 13:42 WIB
ramadan 2017
Terminal Pasar Minggu Batal Jadi Terminal Bantuan Mudik
Metromini 640 rute Pasar Minggu-Tanah Baru. Foto: Metrotvnews.com/Arga Sumantri

Metrotvnews.com, Jakarta: Terminal Pasar Minggu, Jakarta Selatan, batal digunakan sebagai terminal bantuan selama arus mudik Lebaran 2017. Ketersediaan lahan menjadi kendala untuk menampung bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP).

"Kami sudah diminta bantuan untuk menambah terminal bus AKAP. Khusus di Jakarta Selatan hanya ada di Lebakbulus. (Terminal) Pasar Minggu tak jadi digunakan," kata Kasudin Perhubungan dan Transportasi Kota Administrasi Jakarta Selatan Christianto saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa 13 Juni 2017.

Menurut Chris, bus AKAP Perusahaan Otobus (PO) hanya diperkenankan menaikkan penumpang di terminal utama, yakni Terminal Pulogebang, Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, serta lokasi yang resmi dijadikan terminal tambahan. Sosialisasi pun sudah diberikan agar PO mematuhi kebijakan yang mulai berlaku pada H-7 Lebaran tahun ini.

"Nantinya bus hanya akan diberangkatkan langsung dari terminal-terminal itu," ujarnya.

Kepala Terminal Pasar Minggu Rudolf Gultom membenarkan jika keterbatasan lahan menjadi kendala tak dipakainya Terminal Pasar Minggu. "Tidak jadi digunakan karena juga ada pembangunan," ujarnya.

Nantinya, PO di kawasan Pasar Minggu mesti mengantar penumpang menggunakan kendaraan kecil menuju terminal resmi. Tindakan tegas akan diberikan terhadap PO nakal yang tetap menaikkan penumpang menggunakan bus besar di terminal itu.




(UWA)