Pemudik di Bandara Adisutjipto di Atas Prediksi Nasional

Ahmad Mustaqim    •    20 Juni 2018 14:00 WIB
Mudik Lebaran 2018
Pemudik di Bandara Adisutjipto di Atas Prediksi Nasional
Aktivitas pemudik di depan bandara Adisutjipto. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Sleman: Pemudik di Bandara Adisutjipto Sleman, Yogyakarta pada lebaran 2018 disebut melampaui presentase nasional. Hingga kemarin, peningkatan jumlah pemudik di bandara tersebut ada sekitar 11,6 persen.

"Perkiraan (peningkatan presentase penumpang di bandara Adisutjipto) akan terus meningkat hingga 15 persen beberapa hari ke depan," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I, Faik Fahmi di Bandara Adisutjipto pada Rabu, 20 Juni 2018.

Pihak Kementerian Perhubungan memperkirakan pemudik lewat jalur udara meningkat delapan persen dibanding tahun lalu. Dihitung dalam angka, perkiraan pemudik itu meningkat dari 5,2 juta menjadi 5,5 juta penumpang. Dominasi penggunaan maskapai penerbangan itu berada di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adisumarmo Boyolali, dan Bandara Juanda Surabaya.

"Hitung-hitungan kami, dari H-8 hingga H+3 presentase penumpang sudah melebihi prediksi. Padahal hitungannya dari H-8 sampai H+8," katanya.

Baca: Pemudik Jalur Udara Capai 5,9 Juta

Data Posko Angkutan Lebaran 2018 di bandara tersebut, hingga kemarin tercatat sebanyak 186.103 penumpang yang tiba di bandara Adisutjipto. Sementara itu, ada sebanyak 146.590 penumpang yang berangkat dari bandara Adisutjipto.

Keseluruhan, ada sebanyak 333.693 penumpang yang melewati bandara Adisutjipto. "Hal itu berlaku untuk penerbangan domestik maupun internasional," kata humas Bandara Adisutjipto, Liza Anindya Rahmadiani.


 


(SUR)